Laman

Rabu, 31 Mei 2017

Karakteristik Madu

MADU
 









Karakteristik Madu
Karakteristik atau sifat-sifat yang nampak pada madu berbeda-beda tergantung pada jenis atau asal nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Dari perbedaan asal nektar bunga tersebut akan menghasilkan warna madu, rasa madu, kekentalan madu, aroma madu yang berbeda-beda pula.Warna madu berkisar dari water white (bening) hingga dark amber (coklat gelap kehitaman). Sedangkan rasa madu, semakin gelap warna madu akan menghasilkan rasa yang semakin kuat. Kekentalan madu di pengaruhi oleh kadar air, suhu penyimpanan, serta asal nektar bunga. Begitu juga dengan aroma, aroma akan semakin tajam dengan semakin gelapnya warna madu. Madu yang disimpan relatif lama (pada suhu ruang) akan mengkristal atau dan timbul suatu endapan, walaupun madu tersebut terjamin keasliannya. Pengkristalan madu terjadi karena adanya perubahan kadar gula akibat fermentasi dan hidrolisis sukrosa oleh enzim invertase. Akibatnya kadar glukosa lebih tinggi dari fruktosa, kemudian glukosa mengkristal dalam larutan madu. Pengkristalan bisa terjadi pada semua jenis madu, terutama madu karet. Adapun proses pengendapan, yaitu muncul endapan warna kuning terjadi karena perbedaan berat jenis madu dari sumber nektar yang berbeda. Kejadian tersebut merupakan proses alami, tetapi tidak berlaku pada semua jenis madu. Biasanya yang mengalami pengendapan adalah madu kaliandra.
Cara Mengetahui Keaslian Madu
1.      Dengan meneteskannya pada selembar kertas koran, maka madu asli akan lebih sulit terserap oleh kertas koran.
2.      Simpan madu dalam kantong plastik, madu asli akan menggembung membentuk gas.
3.      Dengan mengolesi kepala (belerang) korek api dengan madu, jika madu tersebut adalah madu asli, maka setelah berselang minimal satu jam, korek api akan tetap bisa menyala.
4.      Dengan cara mencampur 1 sdm madu dengan kuning telur ayam mentah, jika kuning telur jadi mengental/mengkristal berbiji atau matang maka madu tersebut adalah madu asli.
5.      Simpanlah madu dalam freezer lemari es, madu yang asli tidak akan membeku, walau akan menjadi lebih kental tetapi tidak beku/padat.

Setiap jenis bunga akan memberikan cita rasa dan khasiat berbeda-beda pada madu tersebut. Berikut jenis-jenis madu:
1.      Madu Kapuk RanduKarakteristik: warnanya cokelat keemasan dengan rasa manis nan gurih.  Khasiat: dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka bakar, dan memperancar fungsi otak.
  1. Madu KelengkengKarakteristik: tekstur warnanya kuning keemasan dengan aroma khas klengkeng.  Khasiat: menyembuhkan batuk dan flu, sakit lambung, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Madu Kembang KurmaKarakteristik: rasanya sedikit asam dengan warna hitam pekat.  Khasiat: mengatasi darah rendah, anemia, luka bakar, dan kurang nafsu makan.
  3. Madu MahoniKarakteristik: warnanya kuning hingga cokelat terang, memilki rasa yang agak pahit dan, Khasiat: sangat cocok untuk terapi kesehatan, seperti rematik, asam urat, dan tekanan darah tinggi.
  4. Madu KaliandraKarakteristik: warnanya cokelat pucat cenderung gelap. Khasiat: untuk penyakit kanker, meningkatkan produksi hormon dan sistem pencernaan, darah tinggi dan insomnia
  5. Madu KaretKarakteristik: memiliki kemiripan dengan madu kelengkeng dalam ha warna. Khasiat: untuk mengatasi alergi, gatal-gatal, keputihan dan hepatitis.

Standar Mutu Madu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar